Posted by: Jessica | May 1, 2010

Sedikit Info tentang Bahaya Kucing

Meskipun kucing adalah hewan yang jinak dan lucu, namun terdapat sedikit bahaya yang perlu diketahui oleh para pecinta kucing sehingga tetap merawat kucing serta merawat kebersihan diri sendiri agar terhindar dari bahayanya, berikut ini adalah sedikit info mengenai bahaya kucing:

1. Rabies
Rabies merupakan hal yang paling serius yang dapat ditularkan kucing ke manusia dan seringkali terjadi kecuali di daerah Australia dan Inggris. Mengapa demikian? Di kedua negeri tersebut pengendalian serta vaksinasi kucing sudah tertata dan teratur secara ketat karena menurut survey, 5 dari 10 rumah di Inggris memelihara minimal satu kucing. Oleh karena itu vaksinasi pada kucing secara teratur sangat diperlukan untuk menghindarkan diri dari bahaya rabies.

2. Toxoplasmosis
Banyak nasehat yang mengatakan bahwa perempuan hamil sebaiknya menghindari kontak langsung dengan kucing saat hamil karena berbahaya bagi kandungan. Penyebab yang tepat Toxoplasmosis yang berbahaya bagi ibu hamil bukan disebabkan oleh bulu kucing, namun penyebabnya adalah kotoran kucing. Bulu juga bisa berbahaya karena memang bisa jadi kotoran kucing menempel pada bulu kucing yang rontok. Toxoplasmosis yang menginfeksi kandungan disebut sebagai congenital toxoplasmosis, bisa menyebabkan infeksi pada bayi yang belum lahir. Penularannya bisa melalui makanan yang dimasak kurang matang karena tercemar kotoran kucing atau karena tidak cuci tangan dengan sabun sebelum memegang makanan.

3. Ringworm atau Tinea.
Merupakan sebuah penyakit kulit pada kucing yang disebabkan oleh jamur yang bisa menular ke manusia melalui sentuhan dari bulu kucing yang bisa berfungsi sebagai pembawa atau carrier. Cara menghilangkan jamur penyebab ringworm dari tubuh kucing yang paling baik adalah dengan kombinasi 2 cara pengobatan, yaitu pengobatan secara topikal (pengobatan luar : salep, obat gosok, shampoo) dan obat oral (makan). Salep dan obat gosok bisa digunakan untukmenyembuhkan ringworm yang terlokalisasi (terpusat). Sedangkan untuk membasmi spora dan ringworm yang luas daerahnya atau carrier, sebaiknya ditambah dengan penggunaan shampoo anti jamur. Kebiasaan untuk mencuci tangan setelah memegang kucing merupakan sebuah keharusan apabila tidak ingin tertular penyakit kulit tersebut.

4. Flea atau kutu
Kutu kucing atau Ctenocephalides felis bisa saja menggigit kulit manusia walaupun tidak menginfeksi apa-apa. Kemungkinan buruknya, bisa jadi gigitan kutu tersebut menimbulkan luka di kulit manusia. Bedak kucing yang dijual di pasaran sudah cukup sebagai tindakan pencegahan, selain untuk memelihara kucing dengan baik. Namun untuk penyembuhannya diperlukan obat dan kesabaran. Langkah pertama yang harus dilakukan apabila menemukan kutu pada kucing adalah dengan mengkarantina kucing di suatu ruangan jika tidak ingin kutu tersebar di seluruh rumah. Kemudian cuci bersih semua pakaian anda dengan detergen dan direndam di air panas dan juga membersihkan seluruh lemari pakaian anda dengan teliti. Jangan lupa untuk membersihkan semua karpet anda dengan vacuum cleaner karena kemungkinan kutu bersarang pada karpet anda. Langkah selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah dengan menyemprotkan obat anti kutu di seluruh ruangan termasuk pada kucing dan ruangan karantina kucing. Penyemprotan dapat diulang-ulang secara berkala sebab biasanya hanya membunuh kutu dewasa dan bukan telur, sehingga saat kutu menginjak remaja dan belum bertelur dapat dilakukan penyemprotan ulang. Yang paling utama adalah mencari kutu di tubuh kucing dan rajin memandikan kucing dengan shampoo anti kutu. Dengan kesabaran dan ketelitian maka kutu akan segera lenyap.

5. Gigitan dan cakaran.
Ludah kucing memiliki kemungkinan mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh kita, begitu pula dengan cakaran kucing. Antiseptic biasanya sudah cukup untuk mengobatinya.Meskipun jarang terjadi luka gigitan atau cakaran menyebabkan demam, namun ada kemungkinan bisa terjadi. Jika terjadi demam harus segera menghubungi dokter karena ditakutkan akan menjadi gejala rabies.
Jika bermain-main dengan kucing dan ternyata kucing itu menggigit kita, hal yang perlu diingat adalah jangan pernah mencoba untuk menarik lengan ketika digigit, biarkan tangan diam ketika digigit, dengan demikian kucing tak meneruskan gigitannya. Apabila lengan ditarik akan menyebabkan kemungkinan kulit terluka dan infeksi.

Posted by: Jessica | April 28, 2010

10 Ras Kucing Paling Populer

Kucing merupakan salah satu makhluk yang indah di dunia yang dipelihara oleh banyak orang. Kucing adalah hewan yang lucu, baik hati, dan termasuk aman untuk dipelihara.
Dari berbagai macam ras kucing yang ada di dunia, ada 10 Ras kucing yang paling populer saat ini karena ciri khas dan sifatnya, yaitu:
1. Persian cat

Kucing persia (Persian cat) adalah kucing yang berambut panjang dan memiliki bentuk wajah yang bulat dan moncong yang pendek. Menduduki peringkat nomor satu jenis yang paling populer di dunia karena kucing persia sangat bersahabat dan merupakan kucing yang setia kepada majikannya. Kucing persia adalah satu ras kucing tertua, namanya sesuai dari daerah asalnya yaitu Persia. Peranakan kucing Persia sejak akhir abad 19 dikembangkan pertama kali oleh Inggris, dan oleh peternak Amerika setelah Perang Dunia Kedua. Harga jual kucing Persia termasuk tinggi. Kucing Persia membutuhkan perawatan pemeliharaan setiap hari, rambutnya bisa tumbuh sampai 3 inci panjangnya sehingga perlu pencukuran secara rutin. Kucing Persia membutuhkan lingkungan yang nyaman agar dia merasa aman.

2. Siamese cat

Siamese adalah kucing yang diakui sebagai kucing Oriental. Asal tepat dari Siamese sampai saat ini tidak diketahui, tetapi diyakini berasal dari daerah Asia Tenggara. Siamese Modern adalah kucing yang elegan, ramping, bergaya, fleksibel, dan memiliki tubuh yang berotot. Siamese memiliki kepala yang berbentuk segitiga, dengan moncong yang tipis, matanya berbentuk seperti kacang almond dan miring. Selain itu, keistimewaan dari kucing Siamese adalah rambutnya yang pendek dan mengkilap, halus dan lembut, serta ditandai dengan skema warna khas. Kucing Siamese selalu ingin menjadi pusat perhatian. Kucing ini sangat komunikatif, mereka yowling dengan suara serak untuk menarik perhatian atau saat mereka ingin diajak ngobrol. Siamese bisa berisik maupun sedih jika merasa diabaikan, selain ingin diperhatian kucing jenis ini suka membelai juga setia pada pemiliknya. Kucing Siamese ini sangat cerdas dan penuh kasih sayang.

3. The Maine Coon cat

The Maine Coon merupakan kucing yang memiliki struktur tulang yang besar, dengan bentuk tubuh persegi, dan dipenuhi bulu panjang di seluruh tubuhnya. Maine Coons laki-laki memiliki rata-rata berat tubuh antara 12-18 pon, sedangkan berat kucing betinanya biasanya antara 10-14 pon. Kucing jenis ini dikenal sebagai kucing yang tangguh, lembut, dan penuh kasih sayang. Mesipun memiliki bulu yang panjang, akan tetapi kucing Maine Coons tidak memerlukan perawatan yang terlalu banyak seperti kucing Persia. Kucing Maine Coons memiliki kepribadian yang baik hati sehingga sangat aman jika dibiarkan bermain dengan anak-anak. Kucing ini juga termasuk kucing yang sangat setia kepada keluarga.

4. Abyssinian cat

The Abyssinian adalah jenis kucing peliharaan dengan mantel yang khas. Asal-usul kucing ini sebenarnya tidak pasti. The Abyssinian Cat telah menjadi salah satu yang paling populer di kalangan kucing shorthair Amerika Serikat. Rambutnya masuk dalam kategori agak panjang, padat, dan lembut untuk disentuh. The Abyssinian Cat memiliki warna rambut yang tidak biasa, sehingga cukup untuk menarik perhatian. Setiap rambutnya memiliki warna dasar, dengan tiga atau empat pita berwarna gelap. Warna yang lebih terang pada akar rambut, dan warnya yang gelap “ticking” warna terdapat di ujungnya. Abyssinians sangat aktif, sibuk, dan lucu, dan penyayang.

5. Ragdoll cat

The Ragdoll Cat adalah salah satu ras kucing piaraan berukuran terbesar dengan tubuh yang kokoh, bingkai kakinya besar dan proporsional. Kucing ini memiliki ciri khas yaitu mata biru dan mantel colorpoint yang berbeda. Ini adalah kucing semi-seniman besar dan berotot dengan bulu yang lembut dan halus. Kucing jenis ini dikembangkan oleh peternak kontroversial Amerika Ann Baker. Kucing Ragdoll dikenal dengan temperamen yang jinak dan tenang, sangat lembut, serta memiliki sifat kasih sayang. Kucing Ragdoll sangat jinak, namun akan berbahaya bagi kucing jenis ini apabila dibawa pergi keluar rumah karena kucing Ragdoll tidak akan mempertahankan dirinya apabila mereka diserang oleh hewan lain.

6. The Exotic Cat

The Exotic Shorthair Cat memiliki kepribadian yang lembut dan lebih tenang daripada kucing Persia. Kucing jenis ini selalu merasa ingin tahu dan suka bermain, selain itu kucing ini juga ramah terhadap kucing dan anjing lainnya. Keunikannya yaitu mereka jarang mengeluarkan suara meows meskipun mereka adalah kucing. The Exotic Cat tidak suka ditinggalkan sendirian, mereka membutuhkan kehadiran pemiliknya ataupun suara dan bau yang mengingatkan mereka pada pemiliknya(masternya). Mereka cenderung menunjukkan kasih sayang dan loyalitas yang lebih sehingga termasuk dalam jajaran kucing yang sangat baik. Sifat mereka yang tenang dan stabil membuat mereka cocok untuk menjadi kucing apartemen dan ideal untuk penduduk kota. Meskipun kepribadian The Exotic Cat ini lembut, kucing ini masih memiliki keahlian yang diturunkan oleh nenek moyang mereka (Shorthair Amerika) yaitu mampu untuk memburu tikus.

7. Savannah Cat

Savannah Cat merupakan salah satu kucing ras yang ukurannya lebih besar dari kucing peliharaan pada umumnya. Padang rumput tinggi dan ramping membangun memberikan tampilan ukuran lebih besar dari berat aktual mereka. Kucing Savannah merupakan hasil dari perkawinan silang antara serval dan kucing domestik. Savannah Cat sebanding dengan anjing dalam kesetiaan mereka. Dikatakan demikian karena mereka akan mengikuti pemilik mereka di sekitar rumah seperti anjing peliharaan. Kucing ini juga dapat dilatih untuk berjalan di atas tali, dan dapat dilatih untuk menjemput. Savannah Cat adalah kucing yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dan kepribadian yang ramah. Mereka cepat akrab dengan orang-orang yang baru ditemui, dengan kucing atau anjing lainnya, Savannah Cat sangat ingin tahu sehingga mereka mencoba melakukan segala macam hal. Kucing jenis ini senang mempelajari bagaimana caranya untuk membuka pintu dan lemari. Keistimewaannya, kucing Savannah merupakan kucing yang tidak takut dengan air meskipun diputar atau dibenamkan di dalam air. Beberapa pemilik kucing Savannah bahkan mandi bersama dengan kucing mereka.

8. Burmese Cat

Burmesse Cat dianggap sebagai kucing shorthair asing di Amerika Serikat. Mereka memiliki mata yang berwarna emas atau kuning, jika dikembangbiakkan masih memungkinkan untuk muncul mata yang berwarna biru atau hijau. Mata yang biru nyata (“aqua”), secara genetik adalah kucing Burmesse murni. Rambutnya glossy dan halus seperti kain satin. Rambut yang pendek tidak memerlukan perawatan tambahan. Kelebihannya yaitu mereka bisa benar-benar terikat dan percaya dengan pemilik mereka.

9. Manx Cat

Manx Cat emrupakan jenis kucing yang mengalami mutasi tulang belakang secara alami. Mutasi ini mengakibatkan kucing Manx lebih pendek ekornya dibandingkan kucing lainnya. Kucing Manx adalah pemburu yang terampil,mereka dapat menangkap mangsa yang berukuran lebih besar dari mereka bahkan ketika mereka masih muda. Kucing ini sering dicari oleh petani yang memiliki masalah dengan hewan pengerat. Kaki belakang kucing Manx lebih panjang daripada kaki depannya, sehingga menciptakan sebuah lengkungan yang berkesinambungan dari bahu ke pantat kucing. Hal tersebut memberikan penampilan kucing yang bulat. Telinga kucing Manx termasuk kecil dan memiliki banyak warna bulu solid, termasuk warna Tortoise-shell, Tabby, dan Calico. Kepalanya berbentuk bundar dan wajahnya sering sangat ekspresif dengan ciri khas mata lucu dan hidung kecil.

10. Sphynx Cat

The Sphynx (juga dikenal sebagai kucing Kanada Meksiko) adalah jenis kucing yang dikenal karena kurangnya mantel(bulu). The Sphynx tampaknya kucing berbulu, tetapi tidak benar-benar berbulu. Tekstur kulit menyerupai kulit Chamois. Hal tersebut dapat dilindungi dengan sangat pendek, rambut halus, tidak seperti buah persik. Karena kucing sphynx tidak menghujani untuk tetap hangat mereka merangkung terhadap hewan lain dan manusia. Mereka senang berpelukan dan tidur dengan pemilik mereka di bawah selimut. Kurangnya mantel membuat kucing cukup hangat pada kulit touch.The adalah warna bulu mereka akan, dan semua kucing biasa menandai pola (padat, titik, van, kucing, tortie, dll) dapat ditemukan pada kulit Sphynx. Karena kurangnya bulu, Sphynxes memerlukan proses pencucian biasa karena tidak ada bulu untuk menyerap minyak alami di kulit mereka. Sphynxes dikenal karena perilaku ekstrovert mereka. Mereka menampilkan tingkat tinggi energi, kecerdasan, rasa ingin tahu, dan kasih sayang untuk pemiliknya. Mereka mereka memiliki mata yang luar biasa besar.

Posted by: Jessica | April 27, 2010

Memelihara Kucing


Kucing (Felis catus) sangat responsif, pintar beradaptasi di berbagai lingkungan. Kucing dapat menjadi sahabat yang baik karena mereka relatif lebih mudah dipelihara dan memberikan kesenangan seumur hidup.

Maka kita yang memelihara kucing perlu memiliki tanggung jawab untuk merawat mereka dengan baik, antara lain memastikan kucing peliharaan kita menerima makanan dengan benar, memiliki tempat tinggal yang baik, dan juga mendapat perawatan oleh dokter hewan. Kucing yang terawat dengan baik dapat hidup sampai lima belas tahun bahkan lebih.

Seperti halnya manisua, kucing pun memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada kucing penyendiri dan ada juga yang suka bersosialisasi. Yang perlu diketahui, kucing adalah membutuhkan sumber kandungan hewani seperti daging, ayam atau ikan dalam makanan mereka karena pada dasarnya mereka adalah hewan pemakan daging atau karnivora. Kandungan hewani membuat kucing tidak akan kekurangan nutrisi. Kita harus memilih makanan untuk kucing sesuai dengan umurnya. Makanan untuk kucing dewasa berbeda dengan anak kucing yang masih kecil. Jenis makanan kucing yang tersedia adalah makanan kering, setengah basah, dan makanan kaleng.
Diskusi dengan dokter hewan juga perlu untuk mengetahui jenis makanan yang mana yang cocok untuk kucing peliharaan kita.

Susu dapat menyebabkan diare pada kucing, jadi minuman yang baik untuk kucing justru air putih. Kucing cenderung mempunyai masalah kesehatan, antara lain kanker, penyakit ginjal, penyakit jantung, dan sakit gigi. Para pemilik kucing sebaiknya ikut membantu menjaga kesehatan kucingnya dengan rajin memeriksakannya ke dokter hewan.

Pada umumnya, kucing dapat disterilkan atau dispay/steril untuk betina dan castrated/kebiri untuk kucing jantan. Sterilisasi bertujuan untuk mengontrol anak kucing terbengkalai, dan mengurangi resiko masalah yang berhubungan dengan sistem peranakan dan masalah perilaku yang berhubungan dengan lawan jenis. Kucing sangat sensitif terhadap beberapa obat dan produk dalam rumah dan tanaman. Jadi lebih baik menggunakan produk yang sesuai untuk kucing dan juga memberikan sprouteed feed oats yang cocok untuk camilan kucing saat di rerumputan. Pemilik kucing juga harus memberi batas-batas untuk kucing mereka dan harus dapat melatih kucing untuk buang air dan menajamkan kuku di tempat khusus sebelum menjadi kebiasaan buruk.

Caring for Cats
Cat (Felis catus) is very responsive, intelligent adapt in various environments. Cats can become good friends because they are relatively easier maintained and provide enjoyment for life.

So we need to have a cat-keeping responsibility to treat them well, between Other ensure our domestic cats receive food correctly, has a good residence, and also being treated by a veterinarian. Cats maintained well can live up to fifteen years even more.
Like
manisua, cats also have Different personalities. There was a cat loner and There is also a love socializing. You need to know cats are needed as a source of animal content meat, chicken or fish in their diet because of the basically they are carnivorous animals or carnivore. Gynecology animal will not make a cat nutritional deficiencies. We have to choose food for cats according to age. Food for adult cats different from the young kitten. Type cat food that is available is a dry food,
half-wet, and canned food. Discussions with veterinarians also need to know Which types of food suitable for cats, our pets.

Milk can cause diarrhea in cats, so good for cats drink water instead of white. Cats tend to have health problems, among other
of cancer, kidney disease, heart disease, and pain teeth. The cat owners should help to maintain cat health checked diligently to
vet.


In general, cats can sterilized or dispay / sterile for females and castrated / gelding for tomcat. Sterilization aims to control the abandoned kitten, and reduce the risk of problems associated with the system behavior problems associated with opposite sex. Cats are very sensitive to some drugs and products in homes and crops. So better using a product that is suitable for cats and also provide a suitable sprouteed feed oats for a snack cat while in the grass. Cat owners should also gives the limits for their cats and should be
train the cat to pee and sharpened nails in special places before they become bad habits.

Posted by: Jessica | March 1, 2010

Aduhh,,kucingku koq suka mencakar??

Banyak kan dari kalian yang berpikir..Aduh, kucingku …cakar sofa, cakar segala??!!
Gemes kan liatnya,, Kenapa sih kucing suka banget nyakar?? Padahal di sisi lain kita suka sama mereka soalnya kan bentuknya imut & lucu, ..

Kucing memang perlu dikasih tempat khusus buat mencakar. Penting banget buat kucing karena dengan kegiatan mencakar, kucing menanggalkan lapisan lama kukunya, jadi kukunya tetap tajam dan sehat. Mungkin karena gak ada tempat khusus yang disediain, kucing kalian jadi suka ngerusak perabotan.

Nah, trik untuk mengatasinya,
Belilah sarung tangan bayi, trus kalian pakein aja ke tangannya kucing,
Jangan lupa di elus2x kalau kucing mau disuru bobo.. Perhatian lebih buat si kucing manis kita akan membuat dia lebih tenang dan nggak agresif,,
Tips ini ampuh loh..

Selain itu, jangan pernah membiarkan kucing terlalu lama mencakari perabotan rumah kalian.. Tapi jangan menghukum kucing, karena itu gak akan mengubah kebiasaannya. Saat kita gak ada di dekatnya, pasti dia mulai deh nyakar-nyakar lagi. Nah, kalau kalian belum punya tempat khusus buat kucing mencakar, belikan kucing tempat khusus buat kucing mencakar. Setelah itu, ajari kucing untuk mencakar di tempat itu, lama-lama kucing akan tau dan jadi kebiasaan…
Jangan lupa menaruh tempat cakaran di samping tempat tidur kucing,, soalnya kebiasaan kucing tuh mencakar kalau bangun tidur…

>>>Selamat mencoba<<<

NB: Kalau belum berhasil membuat kucing kalian gak suka nyakar lagi,, buruan konsultasi ke dokter hewan…

Categories

  • No categories
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.